Kamis, 19 November 2015 09:53

KABUPATEN GRESIK RAIH JUARA I LOMBA KADARKUM TINGKAT BAKORWIL PAMEKASAN

 

Berlangsung pada hari Kamis (29/10/2015) di Ruang Mandala Bakti Praja, Tim Kabupaten Gresik berhasil meraih juara I lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pamekasan Tahun 2015 dengan mengantongi nilai 6500.

Tim Kabupaten Gresik yang diwakili oleh Madrasah Aliyah (MA) Kanjeng Sepuh Sidayu berhasil mengungguli lawan-lawannya se Bakorwil Pamekasan yang terdiri dari Tim Kadarkum dari Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang dan Kabupaten Sumenep.  

 

 

Pertandingan Kadarkum se-Bakorwil Pamekasan ini tampak begitu meriah. Para kelompok peserta sepertinya memiliki spesialisasi masing-masing. Terbukti dari pertanyaan yang bersumber dari Undang-Undang Perlindungan Anak, Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, Undang-Undang Informasi Teknologi dan Elektronik, Undang-Undang Lalu Lintas dan Undang-Undang Narkoba.Masing-masing tim punya strategi khusus untuk mendulang poin.

Di babak pertama dari 3 (tiga) babak yang dipertandingkan, kekuatan masing-masing tim tampak berimbang. Beberapa tim mempunyai nilai awal yang sama di kisaran 1000. Demikian juga pada babak kedua, kekuatan tim tampak berimbang, hanya selisih nilai kisaran 500. Namun pada babak ketiga yaitu babak adu cepat, Tim Kabupaten Gresik tampak sangat unggul dengan nilai yang jauh meninggalkan tim lainnya.    

Pada akhir babak adu cepat, kedigdayaan tim Kabupaten Gresik yang diwakili para siswa MA Kanjeng Sepuh akhirnya terlihat. Tim Gresik memperoleh nilai 6500 dan berhak menyandang juara I. Tim Sumenep sebagai Runner up mendapat nilai 2750. Tim Bangkalan mendapat nilai 920 dan menduduki peringkat III. Sedangkan Tim Sidoarjo mendapat nilai 800 dan Tim Sampang mendapat nilai 140.

Semarak perhelatan Lomba Kadarkum di Ruang Mandala Bakti Praja semakin terasa dengan berbagai yel dan alat musik yang ditampilkan oleh para supporter. ” Sengaja pada Lomba Kadarkum kali ini kami juga melombakan yel-yel oleh supporter. Kami memilih penampilan dan yel terbaik” kata Edy Hadisiswoyo selaku Kepala Bagian Hukum.

Juara pertama lomba yel-yel diraih oleh supporter dari Kabupaten Bangkalan. Mereka membawa alat musik genderang dengan menyanyikan berbagai lagu. Juara kedua diraih oleh supporter dari Kabupaten Gresik yang mengusung alat tmusik Banjari.  Sedangkan juara ketiga diraih oleh supporter dari Kabupaten Sumenep.   

Sebelumnya, M. Nadjib selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik yang membuka Lomba Kadarkum tersebut berharap agar semua peserta untuk meraih prestasi yang setinggi-tingginya.“Ini bagian dari penyuluhan hukum kepada masyarakat. Oleh karena itu, semua peserta lomba diharapkan lebih banyak belajar dan memahami tentang hukum serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat” katanya.

 

Tentang JDIH

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) adalah suatu sistem pendayagunaan bersama peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum lainnya secara tertib, terpadu dan berkesinambungan. JDIH juga merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara mudah, cepat, dan akurat.

Kontak Kami

Bagian Hukum Sekretariat Daerah
Pemerintah Kabupaten Gresik
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 245,
Gresik 61161.

  • Hot Line: (031) 3952823 – 30 ext. 311

Media Sosial

Silakan bergabung dan berinteraksi dengan kami di media sosial:
Anda di sini: Home Berita dan Kegiatan KABUPATEN GRESIK RAIH JUARA I LOMBA KADARKUM TINGKAT BAKORWIL PAMEKASAN