Berita dan Kegiatan

PERATURAN DAERAH (PERDA) NOMOR 3 TAHUN 2021 TENTANG PENGURANGAN PENGGUNAAN PLASTIK SEKALI PAKAI

Dec 21, 2021



   Upaya untuk mengurangi sampah plastik terus digelorakan banyak pihak. Sebab, plastik sangat tidak ramah lingkungan. Selain itu, berdampak buruk terhadap kesehatan. Sejauh ini, volume sampah pun terus bertambah.

   Pemkab Gresik memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pengurangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai dan juga menyosialisasikan perda baru tersebut di Kampus Inpirasi Ecoton Wringinanom, Perda ini juga merupakan inisiatif DPRD Kab Gresik.

   Dalam kesempatan itu Ketua DPRD Gresik M. Abdul Qodir pun menyatakan, “Sampah di mana-mana menjadi problem serius. Bukan hanya di wilayah perkotaan, melainkan juga di desa-desa. Karena itu, pihaknya mendorong seluruh kepala desa (Kades) untuk memikirkan proses pengolahan sampah. Semua pemerintah desa diharapkan mengalokasikan anggaran untuk penanganan sampah, Pemerintah desa mesti melihat apakah di desanya sudah ada tempat sampah untuk warga membuang sampah. Lalu, proses pembuangan akhir di mana, hingga pemrosesannya seperti apakah. Lebih dari itu, pihak desa juga mesti melakukan edukasi kepada masyarakatnya untuk memilah-memilih sampah. Termasuk mengurangi plastik sekali pakai”

Artikel Lainnya

Hak Cipta © 2020 Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik.